Selasa, 03 Desember 2013

Konsumsi Garam Berlebih Menyebabkan Hipertensi

Tahukah Anda Bahaya Konsumsi Garam Berlebih ?

Garam merupakan bahan makanan yang sering kita konsumsi setiap hari dan biasanya digunakan sebagai bumbu masakan sebagai penyedap pada masakan Anda. Namun bila mengkonsumsi garam terlau berlebih maka akan mengakibatkan penyakit bagi Anda, salah satunya penyakit hipertensi atau darah tinggi.

Dr. dr. Parlindungan Siregar SpPD.KGH

Mengonsumsi makanan yang kaya rasa dan bumbu memang paling enak ya,. Sepertinya jika kurang garam sedikit saja, kenikmatannya langsung berkurang. Namun, kita harus berhati-hati. Terlalu banyak garam dapat menyebabkan tekanan darah naik, lho.

Peran Natrium/Garam

Natrium dalam bentuk NaCl merupakan pemicu penyakit hipertensi. Senyawa natrium ini, sangat erat dengan hubungannya dengan cairan dan sulit untuk dipisahkan. Natrium akan menahan cairan di dalam tubuh, tepatnya di dalam cairan ekstraseluler (luar sel).

Nah, jika mengonsumsi natrium/garam secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan volume cairan di sel tersebut, maka cairan akan tertahan di dalam pembuluh darah. Akibatnya tekanan darah Pocarian akan naik dan menjadi hipertensi. Apalagi, 60% dari berat badan kita adalah cairan.

Cairan tersebut 36% berada di intrasel (dalam sel) dan 24 % di ekstrasel(luar sel). Di luar sel sendiri, cairan terbagi ke dalam dua tempat, yaitu 6 % di pembuluh darah dan 18 % berada di jaringan antar-sel (interstisium). Di situlah cairan dan zat (solut) berada, Pocarian.

Apakah Garam Tidak Sehat ?

Bukan berarti Pocarian tidak bisa mengonsumsi garam sama sekali. Garam tetap boleh dimakan sebagai penyedap rasa makanan, tapi jangan berlebihan. Usahakan mengonsumsi garam atau natrium kurang dari 1,2 gram atau 50 mEq per hari, agar tekanan darah tetap stabil. Namun, menurut para ahli tekanan darah akan terganggu, jika kita mengonsumsi natrium lebih dari 2,3 gram atau 200 mEq atau setara dengan 6 gram garam dapur dalam sehari.

Itulah informasi tentang bahaya konsumsi garam berlebih yang dapat menyebabkan penyakit hipertensi, jagalah kesehatan tubuh Anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak terlalu berlebihan, untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit hipertensi bisa konsumsi Jelly gamat Gold-g yang dibuat dari ekstrak alami teripang. Semoga informasi ini dapat membantu Anda.

.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...